A.Target market
Adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya.untuk menetapkan target pasar, perusahaan harus menilai secara hati hati segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmen nya.
- Factor yang mempengaruhi penetapan target pasar :
- Ukuran segmen
- Sumber daya peruasahaan
- Analisis situasi
- Pertumbuhan segmen
- Faktor pesaing
B.Ergonomis
Unsur ergonomis karya kerajinan selalu dikaitkan dengan
aspek fungsi atau kegunaan.
C.Ciri khas
Kemasan suatu produk harus memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas ini bisa berasal dari ciri khas bisnis Anda, produk dan lain sebagainya. Dengan ciri khas ini, nantinya yang mampu menjadi pembanding dengan kemasan produk lain, yang bahkan memiliki jenis yang sama dengan produk rekan – rekan.
D.Ukuran
Menentukan ukuran produk dengan cara diukur
dengan penggaris. Misalnya dalam kegiatan kali ini, ukuran dari pastagiginya
adalah dengan diameter 5 cm dan panjangnya 20 cm. (draw, 2016)
E. Spesial pack
Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan
yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat
keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari
raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna,
desain, sampai penawaran promo yang menarik. (compas.com, 2012)
Download Google Drive-nya
DAFTAR PUSTAKA :
Bondowoso. (2014, September 12). Unsur Estetika dan Ergonomis Produk
Kerajinan. Retrieved Agustus 25, 2016, from
https://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2014/09/unsur-estetika-dan-ergonomis-produk-kerajinan.html
compas.com. (2012, Februari 07). 5
Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved Agustus 25, 2016, from
http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
draw, c. (2016, April). CARA
MEMBUAT DESAIN KEMASAN PRODUK. Retrieved Agustus 25, 2016, from
http://inatutorial.blogspot.com/2016/04/cara-membuat-desain-kemasan-produk.html
Islamiyati, N. (2014, Maret 21). 6
Langkah Sederhana sebelum Menentukan Kemasan Produk. Retrieved Agustus
25, 2016, from
http://mebiso.com/6-langkah-sederhana-sebelum-menentukan-kemasan-produk/
riza, s. (2015, Maret 18). MENYUSUN
RENCANA PENCAPAIAN TARGET PASAR. Retrieved Agustus 25, 2016, from
http://pmaswatama.blogspot.co.id/2015/03/menyusun-rencana-pencapaian-target-pasar.html
Nama : HERIS MUNING TYAS
Kelas : XII-TKJ 1
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto : Anak muda jangan bertele-tele. Kalau baik, lakukan; kalau
buruk, tinggalkan
0 komentar:
Posting Komentar